klinik dokter kandungan obgyn

Pilih Klinik Dokter Kandungan Aman dan Nyaman, Ibu dan Janin Tumbuh Sehat Bahagia!

Klinik dokter kandungan – Saat mendengar kata dokter kandungan ingatan langsung teringat dengan pemeriksaan bayi dan kehamilan saja. Padahal dokter kandungan ini memiliki fungsi yang lebih kompleks. Dokter kandungan ini mampu menangani berbagai macam masalah pada kandungan wanita seperti miom, kista, penyumbatan tuba falopi, berbagai macam kanker seperti ovarium, rahim, serviks dan sebagainya.

Dokter kandungan juga melayani program kehamilan. Bagi pasangan yang sudah menikah namun belum dikaruniai keturunan maka dokter kandungan ini bisa tempatnya berkonsultasi dan merencanakan kehamilan yang diinginkan.

Untuk mendapatkan pemeriksaan terbaik Anda bisa berkonsultasi ke OMDC Dokter Obgyn Jakarta. OMDC Health Care kini tidak hanya melayani pemeriksaan gigi saja namun sudah rebranding dengan menyediakan berbagai macam layanan yang lengkap, sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Prosedur yang Dilakukan Oleh Dokter Kandungan

Berbagai macam prosedur ini akan dilakukan oleh dokter spesialis kandungan. Prosedur tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien seperti berikut ini:

  • Kolposkopi. Merupakan prosedur pap smear yaitu screening ginekologi.
  • Biopsi endometrium. Prosedur ini akan dilakukan klinik dokter kandungan untuk mengetahui sampel dari lapisan endometrium. Sampel ini yang akan diperiksa apa ada sel abnormal atau indikasi kanker.
  • Pemasangan IUD. Merupakan kontrasepsi yang banyak digalakkan karena mencegah kehamilan yang akurat. Bentuknya sendiri adalah T dan ditempatkan ke dalam rahim melalui serviks.
  • USG. Merupakan prosedur untuk mengetahui janin maupun masa di dalam rahim dan ovarium. Jenis USG ini pun bervariasi dimana yang paling canggih adalah USG 4D atau 4 Dimensi.
  • Nexplanon. Merupakan implan dengan panjang 4cm yang akan dimasukkan ke lengan atas. Implan akan melepaskan hormon KB dan bisa bertahan selama 5 tahun.
  • Ovarian Cystectomy. Suatu prosedur yang digunakan untuk pengangkatan kista. Dilakukan untuk yang diameternya lebih dari 3 inci. Ukuran ini memiliki kemungkinan bisa berkembang menjadi kanker dan memiliki rasa sakit konstan. Kista ini bisa diangkat tanpa disertai dengan pengangkatan ovarium.
  • Laparoskopi. Merupakan prosedur yang awalnya dilakukan oleh seorang ginekolog namun saat ini sering dilakukan sebagai pembedahan cabang yang lain. Laparoskopi digunakan untuk mengangkat rahim yaitu mengangkat penyakit endometriosis maupun radang panggul, mengangkat fibroid, mengangkat kehamilan di luar rahim, mengangkat organ tubuh yang kena kanker dan sebagainya.

Masih banyak lagi prosedur yang bisa dilakukan oleh dokter kandungan ini hanya saja tidak semua rumah sakit bisa melakukan semua prosedur tersebut. Untuk prosedur yang lebih kompleks tindakan dan prosedur harus dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat. Misalnya adalah prosedur laparoskopi untuk pengangkatan kanker yang bisa dilakukan oleh dokter obgyn di RSUP.

Peran dan Subspesialisasi Dokter Kandungan atau Obgyn

Peran dan Subspesialisasi dari dokter kandungan atau obgyn ini beragam. Berikut ini adalah beberapa perannya yang wajib untuk Anda ketahui:

  1. Kehamilan

Peran dan tugas pertama yang akan diemban oleh dokter obgyn adalah kehamilan. Kehamilan ini jenisnya bermacam-macam sehingga perlu ditangani dengan baik. Normalnya kehamilan pada wanita adalah di dalam rahim, nantinya janin tersebut akan terus berkembang sampai usia kehamilan matang kemudian janin atau bayi akan dilahirkan.

Dokter spesialis obgyn ini tidak hanya akan melayani kehamilan normal saja namun juga melayani kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim. Dokter juga akan melayani kehamilan kosong atau BO atau Blighted Ovum. Selain itu dokter juga akan melayani kehamilan anggur dimana janin tidak berkembang dan justru menggerombol seperti buah anggur.

  1. Solusio Plasenta

Dokter ini juga berperan dalam menangani solusio plasenta. Kondisi ini merupakan kondisi plasenta yang terlepas dari rahim sebelum waktunya.

  1. Preeklamsia

Ada banyak masalah kehamilan yang bisa terjadi pada ibu hamil. Salah satu masalah yang bisa menyebabkan kematian ibu dan bayi tinggi adalah preeklamsia. Preeklamsia ini sering ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi, tungkai yang bengkak dan juga protein keluar dari urine. Agar tidak terjadi preeklamsia ini ibu hamil harus selalu rutin dicek tekanan darahnya agar selalu di angka normal.

  1. Kehamilan Berisiko

Wanita harus merencanakan kehamilannya dengan baik. Alasannya karena semakin tua usia mengandungnya maka semakin tinggi resikonya. Kehamilan di atas usia 35 tahun membuat berbagai macam komplikasi kehamilan bisa muncul. Kehamilan pada wanita dengan usia 35 tahun ke atas ini harus selalu dipantau oleh dokter obgyn.

Tidak hanya ibu hamil dengan usia diatas 35 tahun saja, namun ibu hamil dengan berbagai macam penyakit penyerta seperti diabetes dan darah tinggi ini juga berisiko tinggi. Kehamilan bisa menjadi bermasalah sehingga dokter obgyn akan selalu memantau kehamilan wanita dengan penyakit penyerta ini.

  1. Peran Lainnya

Selain beberapa peran atau tugas diatas, dokter kandungan ini juga memiliki peran lainnya. Peran tersebut adalah menangani kelahiran prematur, menangani bahu bayi terjebak saat melahirkan sehingga sulit untuk dilahirkan normal. Klinik dokter kandungan bisa menangani tali pusat menumbung yaitu tali pusar keluar mendahului bayi kemudian terjepit.

Dokter juga memiliki peran menangani pendarahan saat atau setelah persalinan. Pendarahan ini bisa disebabkan oleh kandungan sel darah merah yang kurang, selain itu disebabkan oleh usia ibu yang masih terlalu muda.

Wanita hamil sangat penting untuk menjaga sel darah merahnya di angka normal terutama menjelang melahirkan. Peran dokter kandungan selanjutnya adalah menangani ruptur uteri yaitu robekan di bagian lapisan rahim selain itu jua mengatasi sepsis yang bisa terjadi akibat komplikasi persalinan.

  1. Subspesialisasi Obsteri dan Ginekologi

Obstetri dan juga ginekologi atau yang biasa disingkat menjadi obgyn ini cabang ilmu yang berbeda. Untuk obstetri fokusnya adalah menangani kehamilan maupun persalinan. Untuk ginekologi fungsinya adalah fokus di dalam menangani masalah pada organ reproduksi wanita.

Dokter obstetri ini akan mengatas masalah yang ada hubungannya dengan kehamilan yaitu memantau perkembangan ibu hamil dan janin melalui USG, memantau kondisi kesehatan ibu selama kehamilan yang mungkin juga akan mempengaruhi perkembangan janin misalnya saja adalah darah tinggi, diabetes, infeksi dan sebagainya.

Ginekologi ini akan menangani kesehatan wanita secara keseluruhan terutama dalam bidang reproduksi wanita. Dokter akan mengatasi masalah kehamilan, kesuburan, menstruasi atau bahkan menopause. Dokter ginekologi ini akan membantu perencanaan keluarga seperti memilih alat kontrasepsi yang tepat atau bahkan melakukan sterilisasi.

Meski cabang ilmu yang dipelajari ini berbeda namun keduanya melingkupi masalah kesehatan terbesar yang sering dialami wanita. Dokter obgyn Jakarta maupun di seluruh Indonesia ini akan diberikan gelar Obstetri dan Ginekologi yaitu kebidanan dan kandungan. Gelarnya jika disingkat menjadi SpOG.

Konsultasi dan Periksa Kehamilan dengan Nyaman di OMDC Health Care

Anda membutuhkan tempat atau klinik yang tepat untuk bisa berkonsultasi dan periksa kehamilan dengan aman dan nyaman. Jika klinik dokter kandungan yang Anda pilih ini tidak nyaman, justru menjadi beban psikis yang mana tidak bagus untuk perkembangan janin yang di dalam kandungan Anda.

Anda bisa berkonsultasi di OMDC Health Care yang mana menjadi klinik dokter kandungan terbaik, profesional dan terpercaya. Dengan fasilitas lengkap dan nyaman, serta didukung oleh dokter spesialis kandungan yang profesional dan berpengalaman OMDC Dokter Obgyn Jakarta percaya bisa melayani Anda dengan baik. Dengan pelayanan yang memuaskan, janin dan ibu hamil bisa tumbuh sehat dan bahagia sampai waktu melahirkan tiba.

Terjamin Keamanan dan Kenyamanannya

Di masa pandemi OMDC Health Care menjamin keamanan dan kenyamanan pasien. Klinik menyediakan sanitizer di berbagai sudut sehingga bisa dijangkau dengan mudah. Semua dokter menggunakan APD lengkap dan disertai dengan alat perlindungan diri yang memadai seperti Goggles, sarung tangan, masker dan sebagainya. Ruang tunggu dibuat berjarak dan pasien wajib menggunakan masker.

Jangan periksa di dokter obgyn Jakarta abal-abal, klinik dokter kandungan terbaik dan terpercaya hanya OMDC Health Care, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.

Daftar Harga