klinik dokter spesialis anak

Jangan Asal Memilih Klinik Dokter Anak!

Klinik dokter anak terbaik banyak dicari oleh orang tua. Konsultasi dengan dokter anak menjadi agenda yang wajib dilakukan oleh orang tua. Tidak hanya saat si kecil jatuh sakit saja, namun juga untuk berkonsultasi tentang masalah gizi dan sebagainya.

Banyak orang tua yang memeriksakan anaknya ke dokter umum, padahal hasilnya tidak akan maksimal karena untuk mengetahui gejala dari penyakit tertentu pada anak ini harus di dokter spesialis anak.

Anda bisa berkonsultasi klinik dokter anak terbaik OMDC yang mana profesional dan ditunjang dengan peralatan yang lengkap. Disini Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak secara langsung dan mendapatkan pemeriksaan terbaik untuk buah hati Anda.

Pengertian dan Peran Dokter Anak

Klinik dokter anak di dalamnya memiliki dokter spesialis anak. Dokter spesialis anak sendiri merupakan dokter yang mana memiliki fokus pada kesehatan fisik, mental, emosional, tumbuh kembang dan juga sosial untuk anak-anak. Setelah mereka dilahirkan sampai dengan remaja bisa memeriksakan diri ke dokter anak.

Dokter spesialis anak ini memiliki tugas dalam memberikan tindakan pencegahan penyakit. Selain itu mereka memiliki tugas berupa memberikan pengobatan kepada anak yang sakit baik yang akut maupun kronis.

Karena merupakan dokter spesialis anak maka dokter ini menyelesaikan pendidikannya di dokter umum terlebih dahulu. Baru setelah itu mereka melanjutkan studi atau program pendidikan dokter spesialis anak. Mereka akan dilatih supaya bisa melakukan diagnosis dan mengobati penyakit pada bayi, anak-anak remaja. Selain itu dokter spesialis anak juga melakukan evaluasi terhadap tumbuh kembang anak.

Dokter spesialis anak ini pun juga mendalami berbagai macam ilmu yang mendalam bahkan sub spesialisasi misalnya adalah neurologi, nefrologi sampai dengan tumbuh kembang anak. Sedikitnya ada 14 sub spesialis dokter anak ini yang wajib dipahami oleh setiap orang tua.

Kualitas dan Kemampuan Dokter Anak

Jika Anda memeriksakan anak di klinik dokter umum dan belum mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda bisa memeriksakan anak ke dokter spesialis anak. Di klinik dokter anak ini mereka memiliki dokter spesialis anak yang cakap, berkualitas dan memiliki kemampuan seperti berikut ini:

  1. Evaluasi Tumbuh Kembang

Klinik spesialis anak ini juga melakukan evaluasi tumbuh kembang. Klinik anak mencakup berbagai hal yang berhubungan dengan anak mulai dari kelahiran, imunisasi, gizi dan masih banyak lagi lainnya. Di dalam klinik khusus anak terdapat klinik tumbuh kembang yang mana tugasnya adalah melakukan evaluasi terhadap tumbuh kembang anak. Dokter ahli tumbuh kembang akan melakukan deteksi gangguan-gangguan terkait yang dialami oleh anak dan juga remaja.

  1. Edukasi Orang Tua

Klinik dokter spesialis anak juga memiliki kemampuan dalam memberikan edukasi atau pengetahuan kepada ibu tentang keamanan dan gaya hidup. Mereka juga memberitahukan bagaimana cara menyusui bayi yang baik dan benar, mereka akan mendukung mengASIhi bayi dan mengajari bagaimana cara IMD atau Inisiasi Menyusui Dini dan sebagainya.

  1. Imunisasi Anak

Imunisasi menjadi salah satu kemampuan dan juga kecakapan yang harus dimiliki oleh dokter spesialis anak. Imunisasi ini akan diberikan sampai anak berusia 2 tahun. Dokter spesialis anak harus bisa memberikan vaksinasi dengan cara yang baik dan benar, mampu menenangkan anak yang histeris karena akan vaksinasi dan sebagainya.

  1. Monitoring Bayi Prematur

Klinik dokter anak ini harus memiliki kemampuan dalam melakukan monitoring bayi yang lahir prematur. Selain itu dokter bisa memberikan penanganan yang dibutuhkan mengingat bayi yang lahir secara prematur ini membutuhkan perawatan yang berbeda dengan bayi yang lahir dengan usia normal.

  1. Diagnosis Penyakit dan Kondisi Bayi

Dokter spesialis anak harus memiliki kemampuan atau kecakapan berupa melakukan diagnosis penyakit maupun kondisi tertentu pada bayi dan anak. Kondisi tersebut misalnya saja adalah infeksi saluran pernapasan, diare, infeksi telinga, alergi pada anak, infeksi kulit pada anak dan malnutrisi. Pada kondisi tertentu seperti kanker dokter spesialis anak harus bisa melakukan diagnosis dan penanganan.

  1. Menangani Penyakit Khusus

Dokter spesialis anak ini harus bisa menangani berbagai macam kondisi yang bisa menyerang anak. Seperti yang diketahui bahwa saat ini penyakit anak ini beragam. Dokter anak harus cakap atau memiliki kemampuan dalam mengatasi dan menangani berbagai penyakit tersebut misalnya adalah kelainan genetik, cedera fisik, infeksi, alergi, kelainan autoimun, masalah gizi, sampai menangani berbagai macam kanker pada anak.

  1. Menangani Gangguan Mental

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami gangguan mental namun anak pun bisa bermasalah dengan mentalnya. Seorang dokter spesialis anak ini memiliki tanggung jawab untuk mengobati masalah kesehatan mental anak. Terutama bagi remaja yang rentan mengalami masalah gangguan tumbuh kembang. Remaja rentan mengalami seperti depresi maupun gangguan kecemasan yang diakibatkan oleh kondisi lingkungan, keluarga, dan sebagainya.

  1. Membuat Rujukan

Klinik dokter anak ini juga akan bisa memberikan rujukan jika penyakit yang dialami pasien ini membutuhkan perawatan dari dokter lainnya. Misalnya saja adalah seorang dokter anak bisa memberikan rujukan ke dokter spesialis bedah anak jika pasien tersebut membutuhkan tindakan berupa operasi.

  1. Menangani Gawat Darurat

Dokter anak ini harus bisa memberikan pertolongan medis yang sifatnya gawat darurat. Misalnya saja adalah anak mengalami sesak napas, sepsis, kejang dan juga bisa menentukan penanganan selanjutnya.

  1. Informatif

Dokter spesialis anak ini bisa bersikap informatif dimana dia mampu menjelaskan kondisi medis anak. Dokter tersebut juga bisa memberikan rekomendasi pengobatan, langkah penanganan medis selanjutnya yang bisa dilakukan oleh orang tua. Dokter anak ini juga harus bisa menyampaikan informasi dengan bahasa yang mudah dipahami agar orang tua mudah mengerti.

OMDC - Klinik Tumbuh Kembang Anak Terbaik di Jakarta

Tumbuh kembang menjadi hal yang sangat penting untuk anak karena tanpa tumbuh kembang yang maksimal anak tidak bisa mencapai hidup yang berkualitas. Saat terjadi gangguan dan masalah dengan tumbuh kembang anak, orang tua harus segera mencari klinik tumbuh kembang terbaik yang bisa membantu buah hati tercinta mencapai tumbuh kembang yang maksimal.

Misalnya saja adalah anak terlambat berjalan, dengan bantuan klinik tumbuh kembang anak akan diberikan stimulasi-stimulasi agar dia bisa segera berjalan. Anda bisa berkonsultasi dengan OMDC Health Care yaitu klinik tumbuh kembang anak terbaik dan terpercaya. Dengan bantuan dokter ahli tumbuh kembang OMDC, buah hati bisa mendapatkan tumbuh kembang yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Kondisi Anak atau Bayi yang Membutuhkan Perawatan

Ada beberapa kondisi dimana anak membutuhkan perawatan di dokter spesialis anak. Kondisi tersebut adalah demam, muntah atau diare berat, dehidrasi, kejang, mengalami gangguan pernapasan, nyeri ketika buang air kecil, muncul ruam, anak mengalami masalah tumbuh kembang dan sebagainya.

Bayi yang terlahir prematur ini juga harus segera mendapatkan penanganan agar kondisinya semakin membaik dan tidak memburuk. Pada bayi prematur organnya belum mengembang secara sempurna sehingga membutuhkan pemeriksaan dan evaluasi lebih lanjut.

OMDC Klinik Spesialis Anak Terbaik, Cocok untuk Periksa dan Konsultasi

Jangan sampai salah pilih karena hanya OMDC klinik dokter spesialis anak yang ramah, aman dan juga nyaman. Didukung dengan dokter spesialis anak yang berpengalaman OMDC bisa melayani Anda dan memeriksa buah hati Anda dengan baik. Pemeriksaan yang dilakukan detail sehingga bisa memberikan diagnosis yang akurat.

OMDC Aman Selama Pandemi

Anda tidak perlu khawatir saat akan memeriksakan buah hati Anda di OMDC karena menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat. Disini ruang tunggu diberikan jarak, selain itu setiap sudut terdapat sanitizer yang mudah dijangkau pasien. Dokter juga menggunakan perlindungan diri yang lengkap seperti APD, goggles, masker, sarung tangan sehingga keamanan Anda maupun buah hati Anda terjamin.

Klinik dokter anak terbaik hanya OMDC, jangan sampai salah pilih karena kesehatan anak menjadi taruhannya, hubungi kontak untuk lebih lanjut.

Daftar Harga