Artikel Terkini

3 Alasan Kenapa Gigi Bungsu Kamu Harus Segera Dicabut

 

Siapakah diantara OMDC’s yang punya keluhan sama gigi bungsunya? Itu lho, gigi geraham ketiga dari depan, yang tumbuhnya paling terakhir diantara semua gigi yang ada. Biasanya si gigi bungsu ini baru tumbuh di rentang usia 17-21 tahun. Nah, sebenarnya gigi bungsu dengan bentuk dan posisi yang normal serta tumbuh sempurna tidak berbeda dengan gigi geraham lainnya loh,1 sehingga tetap bisa digunakan untuk mengunyah dan berfungsi dengan baik. Sayangnya, tidak semua gigi bungsu bernasib baik. Sering kali, gigi bungsu tidak tumbuh dengan sempurna, atau tumbuh dengan bentuk dan posisi yang bermasalah.

 

Buat OMDC’s yang bertanya-tanya kenapa gigi bungsunya bermasalah, kamu harus tau kalau sebenarnya ada banyak hal yang dapat menyebabkan masalah tumbuhnya gigi bungsu ini, diantaranya posisi benih gigi bungsu yang tidak pada tempatnya, kurangnya ruang tumbuh akibat ukuran rahang yang kecil atau kurang berkembang, adanya hambatan pada jalur tumbuh gigi bungsu, dan lain-lain.5 Dari hasil penelitian, ternyata 85% kasus gigi bungsu berakhir dengan dicabut.2 Namun, apakah semua gigi bungsu pasti berakhir dengan dicabut?

 

Faktanya, tidak semua gigi bungsu perlu dicabut loh, OMDC’s. Untuk mengetahuinya, tentu Kamu harus konsultasi dan memeriksakan kondisi gigi Kamu terlebih dahulu ke dokter spesialis bedah mulut.

 

Berikut 3 Alasan Kenapa Gigi Bungsu Kamu Harus Dicabut Segera:

  1. Kalau OMDC’s merasakan nyeri, terdapat bengkak, terasa tertekan dan rasa tidak nyaman lainnya yang mengganggu aktivitas sehari-hari.
  2. Jika tidak terdapat ruangan bagi gigi bungsu untuk tumbuh dengan sempurna, atau ruangan yang ada tidak cukup untuk gigi bungsu tumbuh sehingga bisa membahayakan gigi atau jaringan di sekitarnya.
  3. Jika posisi gigi bungsu Kamu bermasalah sehingga menjadi sulit atau bahkan tidak bisa dibersihkan.

Jika ternyata gigi bungsu Kamu tidak perlu dicabut saat ini, gigi bungsu Kamu tetap perlu untuk dimonitor secara berkala ya OMDC’s, untuk memastikan tidak ada dampak serius yang akan terjadi di masa yang akan datang. Beberapa dokter gigi akan menyarankan pencabutan gigi bungsu sebagai tindakan pencegahan. Hal ini disebabkan karena gigi bungsu berpotensi menimbulkan masalah lainnya seperti infeksi, peradangan gusi, menyebabkan gigi tetangganya berlubang, menyebabkan susunan gigi menjadi berantakan, atau bahkan menyebabkan kista atau tumor.  Wah, serem kan OMDC’s?

 

Kesimpulan

Setiap orang memiliki kondisi gigi yang berbeda-beda, dan hanya dokter gigi yang bisa mengetahui dengan pasti apakah gigi bungsu Kamu perlu dicabut atau mungkin perlu dilakukan perawatan lainnya. Oleh karenanya diperlukan konsultasi, pemeriksaan secara langsung dan rontgen foto panoramik untuk melihat kondisi gigi bungsu dan jaringan di sekitarnya agar bisa dipertimbangkan apakah sebaiknya gigi bungsu kamu perlu dilakukan pencabutan atau tidak. Jadi, jangan takut untuk memeriksakan kondisi gigi bungsu Kamu ya ke klinik gigi terbaik jakarta , OMDC’s, supaya kamu bisa selalu nyengir teruuuss!

 

Artikel Lainnya